SEMINAR PRODI KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM :: AUDISI ADZAN :: KAJIAN KEISLAMAN KERJASAMA DENGAN PAS FM PATI :: MOU JURUSAN DAKWAH DAN KOMUNIKASI DENGAN LOMBOK TV :: KAJIAN NUASA SENJA ::

MEDIA KAMPUS

Diposting oleh : KPI - STAIN KUDUS
Kamis, 26 November 2015 - 12:31:26 WIB


TINGKATKAN KUALITAS MEDIA KAMPUS, MAHASISWA KPI STAIN KUDUS STUDY BANDING KE UIN SUKA YOGYAKARTA

Oleh:

Moh Lilik Wijanarko**

 

Dalam rangka Seminar Nasional KPI 2015, sebanyak 15 mahasiswa didampingi dua dosen Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Jurusan Dakwah dan Komunikasi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus, Kamis (19/11) lalu mengikuti Seminar Nasional di Hall Convention Univesitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Pada seminar dengan tema “Reformasi Sistem Komunikasi dan Penyiaran Islam di Indonesia” itu menghadirkan 4 narasumber akademisi dan praktisi yang ahli dibidangnya, diantaranya “Reformasi Sistem Komunikasi di Indonesia: Kini dan Tantangan Masa Depan” oleh Dr. Phil. Hermin Indah Wahyuni (Dosen & Pakar Ilmu Komunikasi Fisipol UGM Yogyakarta), “Profesionalisme Pers Islam dalam Menjalankan Komunikasi Dakwah” oleh Drs. Hudono, SH (Wakil Pemimpin Redaksi Koran Merapi Pembaruan-KR Grup), “Urgensi Pemanfaatan Media Massa dalam Sistem Penyiaran Islam di Indonesia” oleh Mauliddin  Anwar, S.Hum (Kepala Produksi Berita Liputan 6 SCTV), dan “Dinamika Komunikasi Politik Kontemporer: Media, Regulasi, dan Etika Politik” oleh Dr. Gun Gun Heryanto, M.Si. (Pakar Komunikasi Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

Menurut salah satu narasumber, Praktisi media Drs. Hudono, SH menyampaikan bahwa pers Islam saat ini tengah diuji, mengingat banyak sekali media berbasis Islam yang gulung tikar, hal ini menjadi tanggung jawab mahasiswa KPI di seluruh Indonesia untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi dan membuat inovasi agar media masa Islam dapat tumbuh dan berkembang.

Seminar nasional tersebut tidak hanya dihadiri dari mahasiswa serta dosen STAIN Kudus saja, tetapi juga mahasiswa dan dosen dari beberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia. Misalnya dari perguruan tinggi Cirebon, Jakarta, Surakarta, dan perguruan tinggi lainnya.

Sementara itu, salah satu dosen pembimbing Nur Ahmad, S.Sos.I.,M.Si. menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk memeratakan arah informasi ditingkat nasional maupun lokal agar informasi tidak jauh dari nilai-nilai agama, etika  maupun asusila.

Dosen yang juga menjabat Ketua Prodi KPI STAIN Kudus itu, menambahkan “harapannya memberikan unsur pendidikan, informasi, dan hiburan dengan mengedepankan aspek rohani dan religi,” pungkasnya.

Disisilain, selain seminar nasional mahasiswa STAIN Kudus juga diajak untuk mengunjungi Laboratorium Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, seperti Radio Komunitas, Studio Television, Video Editor, dan Studio Photography UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

 

**Moh Lilik Wijanarko adalah Mahasiswa KPI STAIN Kudus angkatan 2014



Pengumuman

>> Lihat Semua Pengumuman

Agenda

>> Lihat Semua Agenda

Download

Video Youtube